Tentang AP3MI

Semakin berkembangnya dunia perdagangan dan perindustrian yang mana akhirnya terciptalah 2 bentuk pasar yaitu : Pasar Tradisional dan Pasar Modern. Salah satu dari hal tersebut, dikarenakan oleh semakin tinggi dan besarnya permintaan dan penawaran dari suatu proses transaksi jual beli yang terjadi di pasar. Sehingga lahirlah sebuah bentuk, proses, dan cara bertransaksi jual beli yang lebih praktis, inovatif, dan modern yaitu Pasar Modern.

Pasar Modern boleh “MODERN”, tetapi masih banyak terjadi kasus-kasus yang sangat merugikan para pemasok atau pengusaha sampai ada beberapa kasus yang dapat membuat sebuah perusahaan pailit atau collapse.

Oleh karena itu pada tanggal 5 Mei 2004 para pemasok di Indonesia berkumpul dan membentuk sebuah asosiasi yang dinamakan ASOSIASI PENGUSAHA PEMASOK PASAR MODERN INDONESIA yang disingkat menjadi AP3MI. AP3MI di deklarasikan pada tanggal 1 Desember 2004 di Jakarta, sebagai sarana, wadah, atau asosiasi yang dapat membina, menjembatani, melindungi, dan membela para pengusaha atau pemasok pasar modern yang ada di Indonesia.